Seluruh Delegasi Parlemen Muda Indonesia 2012

Sidang Parlemen Muda Indonesia 2012 @Gedung Sampoerna Jakarta Pusat.

LATIHAN KEPEMIMPINAN SISWA PROVINSI BANTEN, 6-7 JULI 2013

Management organization, leadership training and open recruitment FOB III @PSBB office ,Serang City.

www.istanabelajaranakbanten.com

Sebuah program pengajaran kepada anak anak selama 1 tahun di kec.padarincang,kab.serang,Banten

Senin, 13 Mei 2013

Forkomkasi Jawa Barat Gelar Parade Disabilitas 2013

Dalam post kali ini saya akan ceritakan seputar pengalaman tentang acara PARADE DISABILITAS 2013.
Nah apa sih Parade Disabilitas 2013 itu ?
Parade Disabilitas 2013 itu adalah sebuah acara yang pada intinya mendukung hak-hak teman teman kita yang difabel. Difabel itu adalah arti dari temen temen yang punya kebutuhan khusus dalam kehidupannya.
Nah acara ini dibagi dalam 2 rangkaian, yang pertama ada acara Talkshow Disabilitas yang dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2013, dan yang kedua ada sebuah aksis sosial yang kita laksanakan di Car Free Dago,Bandung.

Talkshow Disabilitas ini dihadiri oleh mahasiswa se-Nasional. Rata rata mahasiswa yang datang tergabung dalam Forkomkasi (Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia). Acara PARADE DISABILITAS 2013 ini sebenarnya diselenggarakan oleh Forkomkasi Jawa Barat. Saya sendiri tergabung dalam kepengurusan Forkomkasi Jawa Barat perwakilan Universitas Padjadjaran. Dalam acara Talkshow Disabilitas ini saya dipercaya menjadi MC bersama Rhea Diva Carissa yang berasal dari STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial). Hmm pengalaman awal menjadi MC tingkat Nasional merupakan hal yang luar biasa. yaaa walaupun emang deg-degan karena memang persiapan H-2 sebelum acara. hehee.

para nara sumber yang hadir dalam Talkshow Disabilitas 2013 ini sungguh sangat luar biasa. Sangat Apresiasi karena bu otje dari komisi X DPR RI hadir dalam acara ini, Penjelasan mengenai pendidikan pekerja sosialpak sony nulhaqim yang merupakan ketua IPPSI (Ikatan Pendidikan Pekerja Sosial Indonesia)






























“KEADILAN UNTUK NENEK PENCURI BUAH KAKAO"





Kasus kecil yang menimpa orang kecil yang masih hangat dalam ingatan adalah kasus yang menimpa nenek minah berusia 55 tahun yang terjadi pertengahan agustus 2009. Nenek Minah warga desa Darmakraden, Kecamatan Ajibarang,Kabupaten Banyumas,Jawa Tengah harus dihadapkan ke Pengadilan Negeri Purrwokerto,Kabupaten Banyumas,dengan tuduhan mencuri buah kakao (coklat)milik perkebunan PT Rumpun Sari Antan 4. Nenek minah mengaku telah memetik tiga buah kakao dari perkebunan tersebut. Maksudnya untuk bibit di kebunnya yang kecil dan memang ditanami kakao. Tapi perbuatannya dipergoki mandor perkebunan. Dia minta maaf sambil mengembalikan ketiga kakao itu kepada sang mandor. Tapi rupanya tiada maaf bagi nenek minah,karena sang mandor melapor ke atasan dan diteruskan ke polisi. Di proses,lantas ke Kejaksaan,dan berakhir di Pengadilan Negeri Purwokerto. Nenek Minah dijatuhi hukuman percobaan 1 bulan 15 hari. Dia memang tidak perlu dipenjara,tapi jangan sampai melakukan tindak pidana. Dan sebelumnnya pun dia sudah menjalani tahanan rumah sejak 13 Oktober sampai 1 November 2009. (Sumber : Kompasiana.com)




ANALSIS KASUS

Jika dilihat dari perspektif hukum, nenek ini bersalah dengan terjerat pasal 231 ayat 4 yang berbunyi :

(4) Jika salah satu perbuatan dilakukan karena kealpaan penyimpan barang, diancam dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau pidana denda paling banyak seribu delapan ratus rupiah.

Namun dari perspektif lain dihubungkan dengan hati nurani manusia menurut saya tidak ada sebuah keadilan disana. Hukuman yang adil bukan hanya mengacu pada pasal, namun harus ada pertimbangan dari hati nurani. Atasan yang melakukan pengaduan terhadap nenek tersebut tidak memiliki toleransi sekecil apapun walaupun itu hanya 3 buah kakao. Padahal jika dilihat dari segi usia, nenek yang berusia lanjut seharusnya dimaklumi karena sudah berada pada masa tua dan sebenarnya nenek tersebut perlu mendapat perlindungan dan perhatian, bukan pada pelaporan tindak pidana yang sampai berujung pada tahanan rumah dan dijatuhi hukuman percobaan 1 bulan 15 hari.

Jika dibandingkan dengan kasus korupsi yang sudah merajalela di tanah air Indonesia ini, perlakuan hukum sangatlah jauh dari kata “adil”. Karena dalam penegakan hukum untuk orang orang kecil sangatlah timpang dibandingkan kasus penegakan hukum untuk orang orang yang berkuasa. Contoh saja kasus para koruptor yang sampai saat ini masih ramai di media massa dan penanganannya belum usai sampai sekarang. Para koruptor sampai saat ini masih terus ditindaklanjuti untuk terus mencari bukti-bukti yang kuat. Sampai kapan terus mencari bukti ? sampai kasus ini “hilang” dan tidak di proses kembali. Tidak sedikit kasus yang tiba-tiba tidak ada tindak lanjutnya. Apakah itu hanya karena “tidak ada bukti” atau ada hal hal lain diluar itu yang menyebabkan tidak terselesaikannya sebuah  kasus pada orang-orang “besar”?


Hal ini sangat membuat dilema bagi rakyat Indonesia, seakan hukum diatas segalanya adalah “omong kosong” belaka. Rakyat kecil tidak mendapat perlakuan hukum yang sama. Apakah hukum itu adil kepada sebagian “rakyat” saja ? dalam arti rakyat disini adalah rakyat yang memiliki kekuasaan, wewenang, jabatan, bahkan harta yang berlimpah sehingga dapat membayar hukum dengan murah.
Ada apa dengan negeri ini ?? Apakah negeri ini hanya menerapkan hukum yang berdasar pasal demi pasal? Atau hukum yang adil berdasarkan HATI NURANI?

Kamis, 09 Mei 2013

MEI IS A POWERFULL EVENTS

Mayday Mayday Mayday....
yaa di bulan ini memang bulan yang penuh dengan gejolak. Jangan salah , gejolak yang dimaksud disini adalah event di dalam maupun diluar kampus yang buat galau gak bisa pulang karena jadwal yang padat di bulan Mei 2013 ini.

5 Mei 2013
Di tanggal ini saya bersama seluruh tean teman serenity (Safety Children Community) mengadakan Character Building kepada anak anak di stasiun Bandung.
@serenity_ID

11-12 Mei 2013
Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial Indonesia Regional Jawa Barat mengadakan Talkshow Disabilitas yang bertempat di STKS Bandung pada tanggal 11 Mei 2013 dan Aksi Sosial yang dilaksanakan di sepanjang jalan CFD Dago, Cikapayang Bandung pada tanggal 12 Mei 2013.
@Forkomkasijabar


13 Mei 2013
Ini adalah acara pra event Makrab FISIP UNPAD.
Pra event ini merupakan sebuah bentuk rangkaian acara MAKRAB FISIP UNPAD yang bernama TRANSFORMATOR 2013.
@_transformator


16 Mei 2013
Yap inilah hari H makrab FISIP UNPAD. Saya sendiri selaku koordinator pubdoktek akan menjalankan tugas dalam publikasi, dokumentasi dan teknologi bersama seluruh staff saya (eza,baim,sarah,arini, lina,dewi,yessi, dan nabhan).


19 Mei 2013
Rencananya akan ada rapat SFAN (Sekretariat Forum Anak Nasional) yang akan dilaksanakan di Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA)



30 Mei 2013
That's amazing day for me, my sister and my mom.
Ini adalah hari ulang tahun mamah saya. Semua persiapan, kejutan dan kado spesial akan disiapkan sebelum hari ini tiba.





Selasa, 07 Mei 2013

JAKET FISIP UNPAD 2012

PO Jaket FISIP UNPAD 2012.
Rp.130.000

Hubungi :
Twitter : @PanjiAziz
Facebook : Panji Aziz Pratama 


Sabtu, 04 Mei 2013

CJ_UNPAD




Baju Staff Pengajar Istana Belajar Anak Banten